Matematika sering kali dianggap sebagai mata pelajaran yang menantang bagi sebagian siswa, terutama ketika mereka mulai mempelajari konsep bilangan cacah dan operasi hitung dasar. Bagi siswa kelas 3 SD, memahami bilangan cacah hingga 1.000 dan menerapkan operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian, serta pembagian merupakan fondasi penting dalam pembelajaran matematika. Namun, untuk meningkatkan keterlibatan dan pemahaman siswa, pendekatan inovatif dengan menggunakan soal HOTS (Higher Order Thinking Skills) menjadi strategi yang semakin relevan.
Artikel ini akan membahas berbagai soal pilihan ganda beserta pembahasannya yang dirancang khusus untuk topik bilangan cacah, dengan fokus pada penggunaan soal HOTS untuk menantang dan mendorong siswa berpikir kritis. Strategi ini diharapkan tidak hanya membantu siswa menguasai materi, tetapi juga menumbuhkan kemampuan berpikir tingkat tinggi yang sangat penting dalam pendidikan abad 21.
berikut adalah 20 soal pilihan ganda terkait topik Bilangan Cacah sampai 1.000 beserta kunci jawabannya dan pembahasannya. Dari 20 soal ini, 10 soal termasuk soal HOTS (Higher Order Thinking Skills).
a) Lima ratus enam puluh sembilan
b) Lima ratus enam puluh lima
c) Lima ratus sembilan puluh enam
d) Enam ratus lima puluh sembilan
Kunci jawaban: a
Pembahasan: Angka 569 dibaca lima ratus enam puluh sembilan.
a) Satuan
b) Puluhan
c) Ratusan
d) Ribuan
Kunci jawaban: c
Pembahasan: Dalam angka 472, angka 4 berada di tempat ratusan.
a) 288
b) 299
c) 301
d) 290
Kunci jawaban: b
Pembahasan: Bilangan yang lebih besar dari 289 dan lebih kecil dari 300 adalah 299.
a) 7 satuan, 3 puluhan, dan 8 ratusan
b) 7 ratusan, 3 puluhan, dan 8 satuan
c) 7 puluhan, 3 ratusan, dan 8 satuan
d) 7 ratusan, 8 puluhan, dan 3 satuan
Kunci jawaban: b
Pembahasan: Angka 738 terdiri dari 7 ratusan, 3 puluhan, dan 8 satuan.
a) 989
b) 999
c) 999
d) 1.000
Kunci jawaban: a
Pembahasan: 234 + 765 = 999.
a) 521
b) 523
c) 526
d) 529
Kunci jawaban: c
Pembahasan: Bilangan genap antara 520 dan 530 adalah 526.
a) 200
b) 267
c) 207
d) 277
Kunci jawaban: b
Pembahasan: 567 – 300 = 267.
a) 748
b) 612
c) 892
d) 691
Kunci jawaban: c
Pembahasan: Bilangan terbesar adalah 892.
a) Sembilan ratus dua puluh lima
b) Sembilan ratus dua puluh dua
c) Sembilan ratus lima
d) Sembilan puluh lima
Kunci jawaban: a
Pembahasan: Angka 925 dibaca sembilan ratus dua puluh lima.
a) 245
b) 243
c) 248
d) 250
Kunci jawaban: a
Pembahasan: Bilangan kelipatan 5 antara 240 dan 250 adalah 245.
a) 150
b) 175
c) 200
d) 225
Kunci jawaban: b
Pembahasan: 250 – 75 = 175.
a) 460
b) 480
c) 490
d) 520
Kunci jawaban: b
Pembahasan: 50% dari 320 adalah 160, sehingga total penjualan pada bulan kedua adalah 320 + 160 = 480.
a) 170
b) 180
c) 190
d) 200
Kunci jawaban: a
Pembahasan: Total 450 – (150 + 120) = 170.
a) 120
b) 126
c) 130
d) 135
Kunci jawaban: b
Pembahasan: 630 ÷ 5 = 126.
a) 70
b) 80
c) 90
d) 100
Kunci jawaban: c
Pembahasan: Total apel = 3 × 50 = 150, sehingga sisa apel setelah diberikan 70 = 150 – 70 = 90.
a) 100
b) 120
c) 150
d) 160
Kunci jawaban: c
Pembahasan: Jumlah perbandingan adalah 2 + 3 = 5. Jadi, bagian Galih = (3/5) × 250 = 150.
a) 80%
b) 85%
c) 87.5%
d) 90%
Kunci jawaban: c
Pembahasan: Jeruk yang baik = 480 – 60 = 420, sehingga persen jeruk yang baik adalah (420/480) × 100% = 87.5%.
a) 90
b) 100
c) 120
d) 150
Kunci jawaban: c
Pembahasan: 300 – (120 + 90) = 90.
a) 3 hari
b) 4 hari
c) 5 hari
d) 6 hari
Kunci jawaban: b
Pembahasan: 1.200 telur ÷ 240 telur per hari = 5 hari.
a) Rp125.000
b) Rp150.000
c) Rp175.000
d) Rp200.000
Kunci jawaban: b
Pembahasan: Harga 1 buku = Rp100.000 ÷ 4 = Rp25.000, sehingga harga 6 buku = Rp25.000 × 6 = Rp150.000.
Semoga soal-soal ini membantu dalam pemahaman materi matematika pada Bab 1.
Zaini, S.Pd.I M.PdKepala Sekolah
|
Tinggalkan Komentar