Info Sekolah
Senin, 26 Feb 2024
  • Selamat Datang Di Website resmi MI NOR RAHMAN Banjarmasin
  • Selamat Datang Di Website resmi MI NOR RAHMAN Banjarmasin
12 April 2023

Latihan Soal Asesmen Madrasah (AM) Al Quran Hadits MI Tahun 2023

Rab, 12 April 2023 Dibaca 710x Bank Soal / Berita

MI NOR RAHMAN NEWS – Latihan Soal Asesmen Madrasah (AM) Al Quran Hadits MI Tahun 2023 Tahun Pelajaran 2022/2023. Asesmen memiliki ruang lingkup yang terbatas, maksudnya Asesmen ini mencakup salah satu aspek yang harus dinilai, seperti hasil belajar siswa dalam aspek tertentu. Menurut ahli Asesmen adalah semua bentuk pengumpulan informasi oleh guru, dimana guru mengumpulkan data tentang siswanya, menganalisis dan menyintesisnya, menginterpretasikannya, dan menggunakannya di dalam kelas untuk mengambil keputusan”. Ada juga yang mengatakan Asesmen adalah proses memberikan atau menentukan nilai kepada objek tertentu berdasarkan suatu kriteria tertentu”. Serta asesmen merupakan kegiatan yang dilakukan guru untuk memperoleh informasi secara objektif, berkelanjutan, dan menyeluruh tentang proses dan hasil belajar yang dicapai siswa, yang hasilnya digunakan sebagai dasar untuk menentukan perlakuan selanjutnya.

 

Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Asesmen adalah guru membuat suatu keputusan dengan menilai kemampuan belajar yang dimiliki siswa, melalui proses dan hasil belajar siswa tersebut. Sehingga dengan adanya Asesmen, siswa mengetahui kemampuan belajar yang dimilikinya selama proses pembelajaran.

 

Sebelum Anda membaca Latihan Soal Asesmen Madrasah (AM) Al Quran Hadits MI Tahun 2023 Tahun Pelajaran 2022/2023. Perlu diketahui bahwa kegiatan asesmen pembelajaran di madrasah meliputi; 1) Asesmen formatif yaitu asesmen/penilaian yang dilakukan untuk melihat perkembangan dan kemajuan keberhasilan proses pembelajaran; 2) Asesmen sumatif yaitu asesmen/penilaian hasil belajar untuk mengukur capaian kompetensi peserta didik. Asesmen sumatif dapat dilakukan pada akhir pembelaran dalam kurun waktu tertentu, semester dan/atau pada akhir jenjang pendidikan. Asemen sumatif yang dilakukan pada akhir jenjang pendidikan madrasah disebut Asesmen Madrasah (AM). Asesmen Madrasah adalah asesmen sumatif yang diselenggarakan pada akhir jenjang pendidikan madrasah untuk mengukur pencapaian hasil belajar peserta didik sesuai Standar Kompetensi Lulusan yang telah ditetapkan.

 

Sebagaimana diketahui dalam rangka meningkatkan kualitas penyelenggaraan Asesmen Madrasah (AM), Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama Republik Indonesia telah menyusun dan menetapkan Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor 901 Tahun 2023 tentang Standar Operasional Prosedur Penyelenggaraan Asesmen Madrasah Tahun Pelajaran 2022/2023

 

Asesmen Madrasah (AM) meliputi seluruh mata pelajaran yang diajarkan pada kelas akhir pada satuan pendidikan, baik kelompok mata pelajaran wajib maupun muatan lokal. Asesmen Madrasah (AM) diikuti oleh peserta didik pada akhir jenjang pendidikan pada Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs), Madrasah Aliyah (MA) dan Madrasah Aliyah Kejuruan (MAK) sebagai salah satu persyaratan untuk penentuan kelulusan. Hal tersebut menegaskan bahwa pemerintah memberi wewenang penuh kepada satuan pendidikan untuk menyelenggarakan asesmen pada akhir jenjang pendidikan untuk mengukur pencapaian standar kompetensi lulusan bagi peserta didiknya.

 

Asesmen Madrasah bertujuan untuk mengetahui pencapaian hasil belajar peserta didik pada akhir jenjang pendidikan sesuai standar kompetensi lulusan (SKL) yang telah ditetapkan. Fungsi Asesmen Madrasah adalah a) Mengukur pencapaian hasil belajar peserta didik; b) Umpan balik untuk perbaikan pembelajaran pada madrasah; c) Salah satu syarat penentuan kelulusan

 

Pada prinsipnya bentuk Asesmen pada jenjang MI, MTs, MA, dan MAK dapat berupa: a) tes tertulis, b) praktik, c) portofolio, d) penugasan, dan/atau e) bentuk lain yang ditetapkan oleh madrasah. Madrasah dapat memilih salah satu atau gabungan beberapa bentuk asesmen sesuai dengan karakteristik kompetensi yang akan diukur. Madrasah menyusun instrumen asesmen mata pelajaran umum mengacu pada Permendikbud Nomor 37 Tahun 2018 tentang Perubahan atas Permendikbud Nomor 24 Tahun 2016 tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Mata Pelajaran Kurikulum 13 Pada Pendidikan Dasar dan Menengah. Madrasah menyusun instrumen asesmen mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab mengacu pada KMA Nomor 183 Tahun 2019 tentang Kurikulum Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab di Madrasah.

 

Kisi-kisi Soal Asesmen Madrasah (AM) Al Quran Hadits MI Tahun 2023 Tahun Pelajaran 2022/2023 disusun oleh guru kelas dan/atau guru mata pelajaran yang ditetapkan oleh kepala madrasah Kisi-kisi Soal Asesmen Madrasah (AM) Al Quran Hadits MI Tahun 2023 Tahun Pelajaran 2022/2023 disusun berdasarkan kriteria pencapaian kompetensi lulusan, standar isi, dan lingkup materi pada kurikulum yang berlaku Kisi-kisi Soal Asesmen Madrasah (AM) untuk MI (Madrasah Ibtidaiyah) Tahun 2023 Tahun Pelajaran 2022/2023 mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab disusun oleh Kementerian Agama Pusat.

 

Untuk Anda yang akan mengikuti Asesmen Madarsah di tahun 2023 ini ada baiknya untuk membaca Latihan Soal Asesmen Madrasah (AM) Al Quran Hadits MI Tahun 2023 Tahun Pelajaran 2022/2023. Latihan soal ini tentunya hanya untuk menambah wawasan Anda serta memtangkan persiapan menuju pelaksanaan AM tahun pelajaran 2022/2023. Berikut link download

Link download Latihan Soal Asesmen Madrasah (AM) Al Quran Hadits MI Tahun 2023 (DISINI)

 

Selain tujuan yang telah disampaikan di atas, Asesmen juga bertujuan untuk mengetahui informasi secara keseluruhan baik hasil maupun proses pembelajaran untuk memantau perkembangan belajar yang dicapai oleh peserta didik. Tujuan Asesmen untuk : a) Mendeskripsikan kecakapan belajar para siswa sehingga dapat diketahui kelebihan dan kekurangannya dalam berbagai bidang studi atau mata pelajaran yang ditempuhnya; b) Mengetahui keberhasilan proses pendidikan dan pengajaran di sekolah, yakni seberapa jauh keefektifannya dalam mengubah tingkah laku para siswa kearah tujuan pendidikan yang diharapkan; c) Menentukan tindak lanjut hasil Asesmen, yakni melakukan perbaikan dan penyempuranaan dalam hal program pendidikan dan pengajaran serta strategi pelaksanaannya; d0 Memberikan pertanggung jawaban ( accountability ) dari pihak sekolah kepada pihak -pihak yang berkepentingan. Pihak yang dimaksud meliputi pemerintah, masyarakat, dan para orang tua siswa.

 

Selain itu, Asesmen juga digunakan untuk mengetahui kemajuan bela jar siswa, untuk perbaikan dan peningkatan kegiatan belajar siswa serta sekaligus memberi umpan balik bagi perbaikan pelaksanaan kegiatan belajar”. Secara rinci, tujuan Asesmen untuk memberikan: 1) Informasi tentang kemajuan belajar siswa secara individual dalam mencapai tujuan belajar sesuai dengan kegiatan belajar yang telah dilakukan; 2) Informasi yang dapat digunakan untuk membina kegiatan belajar lebih lanjut baik terhadap masing-masing siswa maupun terhadap seluruh siswa di kelas; 3) Informasi yang dapat digunakan guru dan siswa untuk mengetahui tingkat kemampuan siswa, tingkat kesulitan, kemudahan untuk melaksanakan kegiatan remidi, pendalaman atau pengayaan; 4) Motivasi belajar siswa dengan cara memberikan informasi tentang kemajuannya dan merangsangnya untuk melakukan usaha pemantapan dan perbaikan; 5) Bimbingan yang tepat untuk memilih sekolah atau jabatan yang sesuai dengan keterampilan, minat, dan kemampuannya

 

Untuk sekedar informasi perlu diketahui bahwa Jadwal Asesmen Madrasah AM MA (Madrasah Aliyah) tahun 2023 atau tahun pelajaran 2022/2023 akan dilaksanakan antara tanggal 13 Maret sampai dengan 8 April 2023. Jadwal Asesmen Madrasah AM MTS (Madrasah Tsanawiyah) tahun 2023 atau tahun pelajaran 2022/2023 akan dilaksanakan antara tanggal 10 April s.d 20 Mei 2023. Sedangkan Jadwal Asesmen Madrasah AM MI (Madrasah Ibtidaiyah) tahun 2023 atau tahun pelajaran 2022/2023 akan dilaksanakan antara tanggal 10 April s.d 20 Mei 2023.

 

Demikian informasi tentang Latihan Soal Asesmen Madrasah (AM) Al Quran Hadits MI Tahun 2023 Tahun Pelajaran 2022/2023. Semoga ada manfaatnya.

 

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Tinggalkan Komentar

 

Februari 2024
M S S R K J S
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
2526272829  

Info Sekolah

MI Nor Rahman Banjarmasin

NPSN 60723165
Jl Kelayan B Gang Setiarahman RT 10 Kel. Kelayan Tengah Kec. Banjarmasin Selatan Kota Banjarmasin
TELEPON (0511)3273242
WHATSAPP -