Info Sekolah
Jumat, 10 Jan 2025
  • Selamat Datang Di Website Resmi MI NOR RAHMAN Banjarmasin
  • Selamat Datang Di Website Resmi MI NOR RAHMAN Banjarmasin
10 Januari 2025

Menyusun Perangkat Pembelajaran Kurikulum Merdeka untuk Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadis Fase A

Jum, 10 Januari 2025 Dibaca 4x Berita

Dalam rangka mendukung implementasi Kurikulum Merdeka, penyusunan perangkat pembelajaran menjadi langkah penting bagi guru madrasah. Artikel ini akan membahas perangkat pembelajaran untuk mata pelajaran Al-Qur’an Hadis, khususnya pada Fase A (kelas 1 MI semester 1). Perangkat ini mencakup berbagai elemen penting seperti capaian pembelajaran (CP), tujuan pembelajaran (TP), program tahunan, program semester, dan modul ajar.

1. Capaian Pembelajaran (CP)

Capaian pembelajaran dalam mata pelajaran Al-Qur’an Hadis dirancang untuk mengenalkan siswa pada dasar-dasar agama Islam. Pada Fase A, siswa diharapkan:

  • Mampu mengenal huruf hijaiyah yang terpisah maupun tersambung, termasuk tanda baca.
  • Memahami bacaan gunnah, al-qamariyah, dan al-syamsiyah.
  • Menghafal dan memahami arti surat-surat pendek pilihan seperti Al-Fatihah, An-Nas, Al-Falaq, Al-Ikhlas, dan Al-Lahab.
  • Memahami hadis-hadis sederhana tentang kebersihan, keutamaan belajar, dan hormat kepada orang tua.

2. Tujuan Pembelajaran (TP)

Tujuan pembelajaran disusun berdasarkan capaian pembelajaran. Misalnya:

  • Siswa mampu melafalkan dan menghafal huruf hijaiyah beserta tanda bacanya.
  • Siswa memahami arti surat-surat pendek pilihan dan mengamalkan nilai-nilainya.
  • Siswa memahami dan menerapkan ajaran hadis tentang kebersihan, keutamaan belajar, dan menghormati orang tua.

3. Program Tahunan dan Program Semester

Program tahunan dan semester dirancang untuk memastikan ketercapaian CP secara bertahap. Untuk kelas 1 semester 1, terdapat 6 ATP (Alur Tujuan Pembelajaran), seperti:

  • Mengenal huruf hijaiyah.
  • Mengenal surat Al-Fatihah, An-Nas, Al-Falaq, Al-Ikhlas, dan Al-Lahab.

Sementara itu, semester 2 mencakup surat-surat seperti Al-Kafirun, Al-Kautsar, dan Al-Ma’un, serta hadis tentang kebersihan.

4. Modul Ajar

Modul ajar menjadi komponen inti perangkat pembelajaran. Contohnya:

  • Modul 1.1: Mengenal huruf hijaiyah bagian 1.
    • Target: Siswa mampu melafalkan huruf hijaiyah beserta tanda baca.
    • Materi: Huruf hijaiyah dan tanda baca.
    • Penilaian: Menggunakan lembar kerja siswa.
  • Modul 1.2: Mengenal surat Al-Fatihah.
    • Target: Siswa mampu melafalkan dan menghafal surat Al-Fatihah.
    • Materi: Lafal dan arti surat Al-Fatihah.
    • Penilaian: Tes hafalan dan pemahaman.

5. Kesimpulan

Perangkat pembelajaran ini dirancang untuk mempermudah guru dalam mengelola pembelajaran sesuai dengan Kurikulum Merdeka. Dengan menyusun CP, TP, program tahunan, program semester, dan modul ajar secara terstruktur, proses pembelajaran dapat berlangsung lebih efektif.

Semoga perangkat pembelajaran ini bermanfaat bagi para guru madrasah dalam mendidik generasi Qur’ani yang cerdas dan berakhlak mulia.

Silahkan Download Di sini

Sumber Artikel : Guru Madrasah Berbagi

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Tinggalkan Komentar

 

Januari 2025
M S S R K J S
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031