Info Sekolah
Senin, 26 Feb 2024
  • Selamat Datang Di Website resmi MI NOR RAHMAN Banjarmasin
  • Selamat Datang Di Website resmi MI NOR RAHMAN Banjarmasin
2 Desember 2023

Tantangan Guru Di Era Digital

Sab, 2 Desember 2023 Dibaca 284x

Guru di era digital menghadapi sejumlah tantangan yang baru dan unik. Beberapa tantangan utama yang mereka hadapi meliputi:

 

 

 

 

1. Perubahan dalam metode mengajar: Perkembangan teknologi mengubah cara kita memperoleh dan menyampaikan informasi. Guru harus beradaptasi dengan metode pengajaran yang lebih interaktif dan memanfaatkan alat-alat digital seperti presentasi slide, video, dan multimedia lainnya. Mereka juga perlu mengenali kebutuhan siswa dalam mengakses informasi secara online.

 

 

 

 

2. Pengelolaan waktu: Dalam era digital, guru dapat dengan mudah terjebak dalam penggunaan teknologi dan terlalu banyak menghabiskan waktu di depan layar. Mereka perlu belajar mengelola waktu dengan bijak, termasuk dalam menyusun bahan ajar yang sesuai dengan kurikulum dan menyediakan umpan balik kepada siswa.

 

 

 

 

3. Kesenjangan akses dan kesenjangan digital: Tidak semua siswa memiliki akses yang sama terhadap teknologi, dan ini dapat menciptakan kesenjangan dalam pembelajaran. Guru perlu menemukan cara untuk menyediakan akses teknologi yang setara kepada semua siswa, agar mereka memiliki kesempatan yang sama dalam mengakses informasi dan sumber daya pembelajaran.

 

 

 

 

4. Keamanan dan privasi: Dalam menggunakan teknologi, guru juga harus mempertimbangkan keamanan dan privasi siswa. Mereka harus memastikan bahwa data siswa dilindungi dan bahwa mereka menggunakan aplikasi atau platform yang aman dan terpercaya.

 

 

 

 

5. Perubahan peran guru: Dalam era digital, beberapa siswa mungkin lebih terampil dalam menggunakan teknologi daripada guru. Oleh karena itu, peran guru berkembang menjadi lebih sebagai fasilitator pembelajaran, mendukung siswa dalam menavigasi teknologi dan membangun keterampilan digital mereka.

 

6. Kesulitan dalam mempertahankan perhatian siswa: Di era digital, banyak distraksi yang tersedia bagi siswa, seperti media sosial, permainan online, atau pesan instan. Guru perlu mencari cara untuk mempertahankan perhatian siswa dan membuat pembelajaran menjadi menarik dan relevan bagi mereka. Mereka harus menggunakan teknologi dengan bijak sebagai alat bantu untuk meningkatkan keterlibatan siswa dalam pembelajaran.

 

7. Kurangnya keterampilan digital guru: Tidak semua guru memiliki keterampilan digital yang memadai. Beberapa dari mereka mungkin merasa tidak nyaman atau tidak terampil dalam menggunakan alat-alat teknologi. Oleh karena itu, mereka perlu mendapatkan pelatihan dan dukungan yang memadai untuk meningkatkan keterampilan digital mereka, sehingga mereka dapat mengintegrasikan teknologi dengan efektif dalam pembelajaran.

 

8. Pemeliharaan dan pembaruan perangkat dan infrastruktur: Mengadopsi teknologi dalam pembelajaran juga memerlukan investasi dalam perangkat keras dan infrastruktur yang memadai. Tantangan bagi guru adalah memastikan bahwa perangkat dan jaringan yang mereka gunakan dapat berfungsi dengan baik, terus diperbarui, dan memberikan layanan yang andal kepada siswa.

 

9. Penilaian yang sesuai dengan era digital: Dalam mengajar di era digital, guru perlu mengevaluasi penilaian yang digunakan untuk mengukur pemahaman siswa. Mereka harus menemukan cara untuk mengintegrasikan penilaian yang mencerminkan penggunaan teknologi dan keterampilan digital siswa.

 

10. Etika digital dan keamanan online: Guru juga harus mendidik siswa tentang etika digital dan keamanan online. Mereka perlu mengajarkan siswa tentang pentingnya melindungi privasi mereka, mengidentifikasi dan menghindari cyberbullying, serta menggunakan teknologi secara bertanggung jawab.

 

Melalui pendidikan dan pelatihan, guru dapat mengatasi tantangan-tantangan ini dan menjadi lebih siap untuk mengajar di era digital. Penting bagi mereka untuk tetap terbuka terhadap perubahan, belajar secara terus-menerus, dan bersedia berkolaborasi dengan siswa, rekan sejawat, dan orang tua untuk menciptakan lingkungan pembelajaran yang efektif dan relevan dalam era digital.

 

Untuk mengatasi tantangan ini, guru dapat terus mengikuti perkembangan teknologi dan pendidikan digital, mengembangkan keterampilan mereka dalam penggunaan alat-alat digital, dan berkolaborasi dengan rekan sejawat untuk berbagi pengalaman dan praktik terbaik.

Artikel Lainnya

Oleh : Muhammad Hafiz Ansyari

Marhaban Ya Ramadhan!

Oleh : Muhammad Hafiz Ansyari

MENGINTIP KABAR DARI KONKERNAS III PGRI

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Tinggalkan Komentar

 

Februari 2024
M S S R K J S
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
2526272829  

Info Sekolah

MI Nor Rahman Banjarmasin

NPSN 60723165
Jl Kelayan B Gang Setiarahman RT 10 Kel. Kelayan Tengah Kec. Banjarmasin Selatan Kota Banjarmasin
TELEPON (0511)3273242
WHATSAPP -