Info Sekolah
Senin, 26 Feb 2024
  • Selamat Datang Di Website resmi MI NOR RAHMAN Banjarmasin
  • Selamat Datang Di Website resmi MI NOR RAHMAN Banjarmasin
23 Desember 2023

Apa yang Harus Disampaikan Guru saat Pembagian Raport Sekolah?

Sab, 23 Desember 2023 Dibaca 154x

Apa Yang Harus Disampaikan Guru saat Pembagian Raport Sekolah?

 

Pembagian raport sekolah adalah momen penting bagi setiap siswa dan orang tua. Ini adalah saat di mana prestasi, perkembangan, dan tantangan yang dihadapi selama periode tertentu dinilai dan diumumkan. Sebagai guru, saat pembagian raport adalah kesempatan emas untuk berkomunikasi secara langsung dengan siswa dan orang tua tentang perkembangan akademik dan sosial mereka. Oleh karena itu, sangat penting bagi guru untuk mengetahui apa yang harus mereka sampaikan pada saat tersebut.

 

Pertama dan terutama, guru harus memberikan penghargaan kepada setiap siswa atas upaya dan kerja keras mereka sepanjang semester atau tahun pelajaran. Penting untuk memberikan apresiasi kepada siswa karena ini akan membantu mereka merasa dihargai dan termotivasi untuk terus berprestasi. Guru harus mengidentifikasi pencapaian siswa, termasuk peningkatan nilai, partisipasi aktif dalam kelas, kehadiran yang baik, atau pengembangan keterampilan baru. Penghargaan seperti ini akan mendorong siswa untuk terus berusaha keras dan meningkatkan kinerja mereka di masa depan.

 

Selain memberikan penghargaan, guru juga harus menjelaskan hasil atau nilai siswa secara jelas dan transparan. Guru harus memberikan penjelasan rinci tentang kinerja siswa dalam setiap mata pelajaran dan area penilaian. Dalam menjelaskan nilai, guru harus menghindari komparasi antara siswa satu dengan siswa lainnya. Setiap siswa memiliki keunikan dan potensi masing-masing, jadi penting untuk menekankan pada pertumbuhan dan kemajuan individu mereka.

 

 

Guru juga harus menyampaikan informasi tentang kekuatan dan kelemahan siswa. Hal ini membantu siswa dan orang tua untuk memahami area di mana siswa telah berhasil dengan baik dan hal-hal yang masih perlu ditingkatkan. Guru juga dapat memberikan saran kepada siswa dan orang tua tentang cara mengatasi tantangan dan meningkatkan kinerja mereka di masa depan. Dalam menyampaikan masalah atau tantangan yang dihadapi siswa, guru harus menggunakan bahasa yang positif dan memberikan dukungan untuk membantu siswa berkembang.

 

Selain informasi akademik, guru juga harus menyampaikan informasi tentang perkembangan sosial-emosional siswa. Pembagian raport juga memberikan kesempatan untuk berbicara tentang tingkah laku, disiplin, partisipasi ekstrakurikuler, keterlibatan dalam kegiatan sekolah, dan interaksi dengan teman sebaya. Guru harus memberikan umpan balik yang memotivasi dan membangun untuk menciptakan kesadaran siswa dan orang tua tentang pentingnya pengembangan pribadi mereka di luar lingkungan akademik.

 

Terakhir, guru harus menciptakan suasana yang terbuka dan ramah selama pembagian raport. Siswa dan orang tua harus merasa nyaman untuk berbicara tentang kekhawatiran atau pertanyaan yang mereka miliki. Guru harus siap untuk mendengarkan dan memberikan saran yang tepat jika diperlukan. Penting untuk menciptakan hubungan positif antara guru, siswa, dan orang tua, sehingga kolaborasi yang sehat dapat terjadi dalam mendukung kesuksesan akademik siswa.

 

Dalam kesimpulannya, pembagian raport sekolah adalah momen penting bagi siswa, orang tua, dan guru. Guru memiliki tanggung jawab penting untuk memberikan penghargaan, menjelaskan nilai, menyampaikan informasi tentang perkembangan siswa, dan menciptakan suasana kolaboratif yang positif. Pembagian raport adalah kesempatan untuk memotivasi siswa, meningkatkan kinerja mereka, dan membangun hubungan yang kokoh antara guru, siswa, dan orang tua.

Artikel Lainnya

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Tinggalkan Komentar

 

Februari 2024
M S S R K J S
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
2526272829  

Info Sekolah

MI Nor Rahman Banjarmasin

NPSN 60723165
Jl Kelayan B Gang Setiarahman RT 10 Kel. Kelayan Tengah Kec. Banjarmasin Selatan Kota Banjarmasin
TELEPON (0511)3273242
WHATSAPP -