Info Sekolah
Selasa, 25 Jun 2024
  • Selamat Datang Di Website resmi MI NOR RAHMAN Banjarmasin
  • Selamat Datang Di Website resmi MI NOR RAHMAN Banjarmasin
13 Desember 2023

Mengapresiasi Hasil Belajar Anak: Peran Guru dan Orang Tua

Rab, 13 Desember 2023 Dibaca 304x

Mengapresiasi hasil belajar anak adalah kunci penting dalam membantu mereka tumbuh dan berkembang secara positif. Apresiasi yang diberikan oleh guru dan orang tua memiliki dampak yang signifikan terhadap motivasi dan kepercayaan diri anak. Dalam artikel ini, akan dibahas tentang cara-cara guru dan orang tua dapat memberikan apresiasi yang efektif terhadap hasil belajar anak.

1. Pemahaman dan Penilaian yang Objektif

Guru dan orang tua perlu menciptakan lingkungan yang mendukung untuk memberikan apresiasi yang efektif. Hal pertama yang perlu dilakukan adalah memahami dan menilai kemampuan serta potensi anak secara objektif. Menghargai kemajuan yang dicapai, sekecil apapun, merupakan langkah pertama dalam mengapresiasi hasil belajar anak.

2. Komunikasi Terbuka dan Dorong Diskusi

Guru dan orang tua harus membuka komunikasi yang terbuka dengan anak-anak untuk mendiskusikan hasil belajar mereka. Berikan penghargaan atas upaya dan prestasi mereka dengan memberikan kesempatan untuk berbicara tentang pengalaman belajar mereka. Bantu mereka menganalisis kekuatan dan kelemahan mereka sendiri, serta membuat rencana tangkas untuk meningkatkan kemampuan belajar mereka di masa mendatang.

3. Pemberian Pujian yang Tepat

Ketika memberikan apresiasi, guru dan orang tua perlu memilih kata-kata yang tepat dan relevan untuk membangun kepercayaan diri anak. Pujian yang spesifik seperti “Saya terkesan dengan cara kamu mampu mengerjakan soal matematika yang rumit” akan lebih efektif daripada pujian umum seperti “Kamu hebat”. Pujian yang spesifik akan membantu anak-anak mengenali kelebihan mereka dan merasa dihargai atas usaha mereka.

4. Hadir dalam Prestasi Anak

Guru dan orang tua juga perlu hadir dalam merayakan prestasi anak. Ini dapat dilakukan melalui pertemuan kelas, presentasi di hadapan keluarga, atau kegiatan penghargaan di sekolah. Dengan memperlihatkan betapa pentingnya hasil belajar anak bagi mereka, akan merangsang anak untuk terus berprestasi dan merasa dihargai oleh guru dan orang tua.

5. Dorong Upaya dan Perbaikan

Mengapresiasi hasil belajar anak tidak hanya sebatas pada pujian. Guru dan orang tua juga perlu mendorong anak untuk terus berusaha dan berkembang. Berikan umpan balik yang konstruktif dan dorong mereka untuk melakukan perbaikan. Dengan memberikan pandangan positif tentang usaha mereka, anak-anak akan merasa didukung dan termotivasi untuk terus belajar.

Apresiasi yang diberikan oleh guru dan orang tua memiliki peran yang penting dalam membangkitkan motivasi dan meningkatkan kepercayaan diri anak. Melalui pemahaman, komunikasi terbuka, pemberian pujian yang tepat, hadir dalam merayakan prestasi, serta dorongan untuk berusaha dan berkembang, guru dan orang tua dapat memberikan apresiasi yang efektif terhadap hasil belajar anak. Dengan demikian, anak-anak akan merasa dihargai, termotivasi, dan bersemangat untuk terus belajar dan berkembang.

 

Konten ini telah tayang di Kompasiana.com dengan judul “Mengapresiasi Hasil Belajar Anak: Peran Guru dan Orang Tua”, Klik untuk baca:
https://www.kompasiana.com/hafizsarie2357/657905b912d50f60f34219a2/mengapresiasi-hasil-belajar-anak-peran-guru-dan-orang-tua?page=2&page_images=1

Kreator: Muhammad Hafiz Ansyari

 

 

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Tinggalkan Komentar

 

Info Sekolah

MI Nor Rahman Banjarmasin

NPSN 60723165
Jl Kelayan B Gang Setiarahman RT 10 Kel. Kelayan Tengah Kec. Banjarmasin Selatan Kota Banjarmasin
TELEPON (0511)3273242
WHATSAPP -
https://elearning.minorrahman.sch.id/dana/ https://elearning.minorrahman.sch.id/hitam/ https://elearning.minorrahman.sch.id/luar/ https://elearning.minorrahman.sch.id/maxwin/ https://elearning.minorrahman.sch.id/qris/ https://elearning.minorrahman.sch.id/robo/ https://elearning.minorrahman.sch.id/sl777/ https://elearning.minorrahman.sch.id/sto2/ https://elearning.minorrahman.sch.id/thailand/ https://madrasahku.minorrahman.sch.id/vendor/sl777/ https://madrasahku.minorrahman.sch.id/vendor/sto2/ https://madrasahku.minorrahman.sch.id/vendor/thailand/